Trik memilih Kambing Sehat

Bagi sahabat yang ingin beternak atau berqurban dan Aqiqah dengan hewan kambing, sebaiknya pilihlah yang berkualitas baik. Agar tak salah pilih.

Berikut kita simak penjelasan ciri-ciri kambing yang sehat dan berkualitas :

A. Postur tubuh terlihat kuat

Kambing harus memiliki posrtur tubuh yang kuat, terlihat tegap dan kokoh. Untuk mengetahui hal ini, Anda bisa melihat cara kambing berdiri dan berjalan. Apakah berjalan atau berdiri dengan baik atau tidak.
Kambing sehat
B. Gemuk

Kambing yang baik untuk dikurbankan adalah yang memiliki tubuh gemuk. Anda bisa memegang punggung kambing dan rasakan apakah ada tulang yang menonjol atau tidak. Jika tak ada tulang yang menonjol, maka kambing tersebut gemuk.

C. Bulunya bersih

Ciri lain dari kambing yang berkualitas untuk dikurbankan adalah memiliki bulu yang bersih, bahkan mengkilap. Jangan memilih kambing yang terlihat kusam, apalagi bulu yang rontok. Hal tersebut menandakan bahwa kambing tak dirawat dengan baik dan tak layak disembelih.

KAmbing sehat

D. Memiliki kulit yang bersih
Kulit kambing harus terlihat bersih, tanpa ada bisul, koreng, atau penyakit kulit lainnya, Untuk memastikannya, Anda bisa mencubit kulit kambing. Jika setelah dicubit kulitnya kembali seperti semula, maka kambing itu sehat dan sangat baik jika dikurbankan.

E. Memiliki mata yang jernih

Mata kambing harus bersinar, terbuka penuh, pupil bereaksi cepat, tak keluar air, tak berwarna merah, dan selaput lendir kelopak mata bagian dalam berwarna merah terang. Mata hewan yang terlihat sayu menandakan bahwa sedang sakit.

senyum kambing

F. Kotorannya padat

Kotoran hewan juga perlu Anda perhatikan. Jika kotoran yang dikeluarkannya baik, maka menandakan bahwa kambing itu sehat. Pastikan kambing yang akan dikurbankan nanti memiliki kotoran relatif padat, tidak cair, dan tak tercampur dengan darah.
Itulah ciri-ciri kambing yang sehat untuk kurban. Pada intinya kambing harus benar-benar terlihat sehat dan lincah. Tak apa-apa memilih yang agak mahal, namun memiliki kualitas yang baik. Perlu Sahabat ketahui bahwa kambing yang diqurbankan harus yang jantan yang usianya 1-3 tahun.

(Dari berbagai sumber) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar