Mengenal Rumput Odot

Untuk merawat ternak domba atau kambing yang utama adalah ketersedian pakan setiap harinya harus terpenuhi. Karena kegiatan  yang sangat sibuk terkadang untuk menyediakan pakan harus kebingungan. 
Sahabat Bisa mendapatkan solusinya dengan menanam Rumput Dodot, Rumput yang panjangnya satu jengkal sebanyak tiga buah dicoba ditanam, ternyata bisa tumbuh kemudian diujikan pada kambing atau domba sahabat, hasilnya ternyata palatabilitas dari rumput jenis ini sangat baik.  



Pembudidayaan rumput ini sangat gampang dan mudah sekali, cukup membuat larikan, dan batang dari rumput ini dibenam dalam larikan. Sebagai perawatan tanaman gunakan saja kotoran yang dihasilkan oleh kambing, dan siram air cukup seminggu sekali atau bila diperlukan. Rumput ini akan mati bila tergenang lebih dari dua malam dan tidak tumbuh sempurna bila kekurangan air. Rumput ini sangat menyukai pada tanah yang cukup air, tetapi tidak tergenang.
Dari pengalaman para peternak dengan keadaan yang subur, seekor kambing hanya memerlukan pakan dengan luas rata – rata  2 - 2,5 ru atau seluas kurang lebih 28 – 35 m2.  Dan memerlukan pakan kering tambahan seberat 0,5 - 1 kg/hari/ekor.



Ciri – ciri dari rumput ini adalah panjang ruas batang sekitar 1 cm, daun seperti pita berwarna hijau, ketinggian panen tidak lebih dari 80 cm. Perawakan pendek, sehingga cocok untuk hiasan ataupun ditanam dimuka rumah, atau sebagai tanaman sela atau samping pagar rumah.  Untuk pemanenan diperlukan waktu sekitar 26 sampai dengan 32 hari.  Dalam satu larik sepanjang satu meter memiliki berat tanaman sekitar 15 kg, tergantung dari besarnya rumpun. 

Perkembangan dan permintaan yang luar biasa ini, dari para petani mengupayakan terpenuhinya bibit.  Untuk antisipasi hal tersebut, petani sudah menyiapkan bibit berupa stek batang yang siap untuk ditanam.  Tanaman rumput ini sudah menyebar didaerah Blitar, Kediri, bahkan ada permintaan dari Kalimantan. 


(Dari Berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar